Kerugian dan keuntungan social networking

Social networking atau sering disebut dengan situs jejaring sosial merupakan website yang memiliki fungsi sebagai media interaksi sosial dengan jaringan pertemanan yang ditambahkan dalam account.

Saat ini, social networking yang paling diminati dikalangan masyarakant adalah facebook dan twitter. Dengan tercatat sebanyak 500juta pengguna facebook dan 200juta pengguna twitter di dunia.

Dengan adanya facebook dan twitter menjadi situs jejaring sosial yang paling popular telah membuka pintu bagi perusahaan sebagai peluang dan kepentingan bisnis mereka. Perusahaan perusahaan tampaknya menyadari bahwa terdapatnya keuntungan dari perkembangan situs jaringan ini. Tetapi apabila kita berbicara mengenai keuntungan dari penggunaan situs jejaring, keuntungan itu adalah bagaimana perusahaan bisa menempatkan dan menyebarkan informasi tentang produk ataupun jasa sehingga informasi tersebut diakses oleh orang banyak, hal ini dapat disebut sebagai marketing strategy. Selain keuntungan, penggunaan media ini memliki kerugian juga yang dapat berdampak seperti resiko reputasi dimana suatu perusahaan akan memiliki image yang buruk.

Setiap perusahaan selalu mencari jalan untuk memasarkan produk dan jasa serta bisnis mereka dengan target yang meliputi pemilik bisnis, pengusaha, manajer penjualan, pemasaran pribadi, siapapun yang mencari pekerjaan, dll. Sehingga perusahaan menggunkan facebook dan twitter sebagai penunjang bisnis mereka.

Berikut penjelasannya,

Manfaat Social Networking facebook dan Twitter untuk bisnis:

– Merupakan sebuah media dan diakses oleh jutaan pengguna sehingga sudah memiliki pangsa dalam memasarkan produk dan jasa dan bisa menarik banyak perhatian dari berbagai kalangan.

– Merupakan salah satu titik intersepsi potensial untuk membangun hubungan anatara produsen dan konsumen dikarenakan adanya proses komunikasi dengan cara information broadcast dan bisa menggunakan metode upload gambar, event dan pesan text.

– Memiliki fitur update status dan comment sehingga bisa digunakan sebagai sebuah media untuk proses benchmarking.

– Dapat mengumpulkan informasi dari perusahaan-perusahaan yang lain yang menggunakan media social networking ini sebagai media pemasarannya, bagaimana perusahaan tersebut mempromosikan produk/jasa dan kondisi perusahaan tersebut.

Kerugian menggunakan media social networking seperti facebook dan twitter, adalah:

– Dapat mempengaruhi reputasi suatu perusahaan.

– Memerlukan proses identifikasi perusahaan ataupun pelanggan dikarenakan facebook dan twitter sebenarnya digunakan sebagai media social networking.

Dari manfaat dan kerugian seperti diatas, diperlukan adanya pemahaman yang lebih jauh seperti apa strategy marketing dan manajemen dalam memasarkan produk ataupun jasa, dan perlu adanya knowledge atas batasan-batasan yang ada pada facebook dan twitter sehingga perusahaan dapat berhati-hati dalam membuat suatu keputusan.

Sumber: http://1501202023.blog.binusian.org/2011/10/24/social-networking/

Posted on November 27, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. namanya manfaat mmang pasti ada kerugiannya jga…
    yah, asal dipake dgn hati2 dan seperluny sja,saya rasa sah2 saja😀

  2. gabung teman jejaringan sosial baru http://carisahabat.p.ht/

  1. Pingback: kerugian dan keuntungan social network « taufik63

  2. Pingback: Kerugian Dan Keuntungan Social Networking | Zuli Ariny

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: