Komputer Tertua Didunia

harwell-dekatron_2403788b-50ac4da0d718fKomputer digital tertua yang pernah dioperasikan di dunia dipamerkan di Museum Nasional Kumputer di Inggris. Komputer berbobot 2,5 ton ini berhasil dihidupkan lagi setelah upaya pembenahan selama tiga tahun.

Pada 1950-an, komputer ini digunakan sebagai pendukung kerja pada program penelitian energi atom Inggris Raya. Komputer yang telah 15 tahun mendekam di gudang kota ini ditemukan secara tidak sengaja.

Laman BBC, Selasa 20 November 2012, memberitakan komputer raksasa ini dipamerkan ke publik secara resmi di Museum Nasional Komputer (TNMOC) di Bletchley Park, pada 20 November 2012. Pembukaan pameran ini dihadiri oleh sejumlah pencipta, staf yang pernah mengoperasikan, dan siswa yang memrogram komputer ini.

Desain dan konstruksi komputer ini dibangun pada 1949. Dibuat untuk ilmuwan yang bekerja pada pembangunan penelitian energi atom Inggris di Harwell, Oxfordshire. Awalnya, komputer ini diciptakan untuk meringankan tugas penghitungan secara elektrik yang sebelumnya dilakukan dengan menambahkan mesin.

Mesin ini pertama kali dioperasikan pada 1951 dan dikenal dengan Harwell Dekatron. Meski bekerja dengan lambat–mesin ini memerlukan waktu 10 detik untuk mengalikan dua angka–mesin ini terbukti sangat handal dan sering bekerja selama 80 jam dalam seminggu.

Pada 1957, mesin ini digantikan dengan komputer yang lebih cepat dan lebih kecil. Mesin ini kemudian dipindahkan ke Wolverhamton dan Stamfordshire Technical Collage (sekarang Universitas Wolverhampton). Di tempat baru ini, mesin tersebut digunaan untuk mengajar pemrograman dan mulai disebut dengan Witch (nenek sihir).

Pada tahun 1973, mesin ini disumbangkan ke Museum Ilmu Pengetahuan dan Industri di Birmingham. Di tempat ini, komputer tersebut ditampilkan selama 24 tahun sampai 1997. Saat museum tersebut tutup, mesin komputer ini dipindahkan ke gudang.

Secara kebetulan, salah satu pegawai di TMNOC, Kevin Murell, melihat foto komputer yaang diambil oleh seorang kolektor yang tengah mencari komponen mesin di sebuah toko. Murell mengaku semasa muda, dia sering melihat mesin komputer ini di museum.

Setelah itu, mesin komputer ini ditemukan pada sebuah gudang penyimpanan dan selanjutnya dipindahkan ke museum di Bletchley. Pembenahan kemudian dilakukan untuk menghidupkan kembali mesin komputer kuno ini.

Upaya pembenahan dipimpin oleh Delwyn Holroyd. Dia mengatakan mesin komputer ini benar-benar kotor saat baru tiba di museum. Namun, secara fisik, mesin komputer ini tidak mengalami banyak kerusakan. Tim yang melakukan pembenahan ini berusaha melakukan penggantian komponen sesedikit mungkin. Sebagian besar bagian komputer, termasuk 480 relay dan 828 tabung Dekatron, masih asli

image_c4a70bd506464043a096632628582e8e

komputer-tertua-di-dunia-berhasil-dihidupkan-kembali-1353481201sumber : http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/369044-komputer-tertua-di-dunia-berhasil-dihidupkan-kembali

Posted on February 21, 2013, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: