Etika Berinternet – NETIKET

Netiket_olwinNetiket adalah etika berinternet. Internet sebagai media interaktif memberikan kita kemudahan yang sangat besar, tidak perlu lagi kita menghabiskan banyak waktu dan uang untuk melakukan interaksi dengan orang lain.  Bahkan dengan internet kita langsung bisa interaksi dengan berbagai orang sekaligus walau kita belum kenal secara visual dan bisa berasal dari mana saja di bumi ini.
Sesungguhnya tidak ada kebebasan mutlak di dunia ini. Sekalipun ini adalah dunia tanpa batas, namun seperti halnya interaksi dalam dunia nyata, begitu kita bersinggungan dengan orang lain maka sudah pasti ada aturan main, adab ataupun etika yang harus dipatuhi. Berawal dari keprihatinan terhadap fenomena berinternet yang semakin vulgar dan cenderung melampaui batas.
Maka dari itu timbulah istilah yang namanya NETIKET atau NETTIQUETTE yaitu etika dalam berinternet.  Dan juga internet memiliki banyak kelemahan, dalam interaktif perlu membangun suasana yang nyaman bagi lawan interaktif kita. Salah satu kelemahan internet sebagai media interaktif yaitu:

  1. Kita tidak tahu kondisi emosi lawan interaktif,
  2. Kita tidak tahu karakter lawan interaktif,
  3. Kita bisa dengan tidak sengaja menyinggung perasaan seseorang.

Berikut netiket atau etika dalam beremail :
Mailing List (milis) adalah wadah komunikasi virtual antar anggota, dengan menggunakan sarana e-mail. Milis ini diikuti oleh banyak anggota. Etika umum yang berlaku bagi para netter (pengguna Internet). Anggota perlu memahami netiket, sebab sebisa mungkin kita harus berusaha untuk berkomunikasi dengan baik dan tidak menghadirkan sampah ke Internet. Berikut netiket keanggotaan mailing list:

  • Hormatilah hak milik atas sesuatu yang Anda reproduksi (digandakan). Hampir di setiap negara ada hukum mengenai hak milik.
  • Gunakan tulisan yang ukuran hurufnya sesuai aturan kalimat. TULISAN KAPITAL MENUNJUKKAN BAHWA ANDA SEDANG BERTERIAK !.
  • Jika hendak mem-forward (meneruskan) atau mengirim kembali pesan email yang telah Anda terima, jangan pernah mengubah apapun isinya. Jika email tersebut untuk diri Anda pribadi, sedangkan Anda ingin mengirimkannya ke sekelompok orang (misalnya mailing-list), maka Anda harus minta izin dulu. Juga lebih baik untuk mempersingkat pesan dan hanya mengutip bagian-bagian yang relevan, dengan memastikan bahwa Anda telah memberi keterangan yang cukup.
  • Jangan pernah mengirim email berantai. Surat berantai dilarang di Internet, sehingga bisa saja hak Anda di jaringan akan dicabut. Beritahu administrator system lokal jika Anda menerima surat berantai ini.
  • Satu aturan penting: Bersikaplah tegas terhadap apa yang Anda kirim, dan bersikaplah lunak terhadap apa yang Anda terima. Mungkin Anda tidak ingin mengirimkan pesan yang emosional (istilahnya: flame, red) meskipun Anda sedang diprovokasi. Namun, di lain pihak, janganlah terkejut jika Anda terkena flame dan bersikaplah bijak dalam menanggapi flame ini.
  • Pada umumnya, mengecek semua email yang diterima sebelum menanggapi sebuah email tertentu itu bagus. Kadang-kadang seseorang yang meminta bantuan kepada Anda (atau klarifikasi) akan mengirimkan pesan email yang lebih baru yang berisi ucapan ‘Nggak apa-apa’. Juga pastikan bahwa pesan yang Anda tanggapi itu adalah benar-benar pesan yang tertuju kepada Anda, karena bisa jadi Anda termasuk dalam daftar CC, bukan penerima utama.
  • Hati-hati terhadap informasi palsu/ berita hoax. Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para kebanyakan netter. Maka, sebelum anda mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar anda pun akan hilang.
  • Jangan Gunakan “CC” Ketika mengirim e-mail ke sejumlah orang, jangan cantumkan nama-nama pada kolom “CC”. Jika anda melakukan hal itu –biasa disebut cross posting–, semua orang yang menerima e-mail anda, akan bisa melihat alamat-alamat e-mail orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan umum. Gunakanlah selalu “BCC”. Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat e-mailnya sendiri.
  • Jangan Sembarangan Menggunakan Format HTML. Jika anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan anda, jangan gunakan format HTML tanpa anda yakin bahwa program e-mail rekan anda bisa membaca kode HTML. Jika tidak, pesan anda sama sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaliknya, gunakanlah format plain text.
  • Hindari Personal Attack Ketika anda tengah dalam situasi debat yang sengit, jangan sekali-kali anda menjadikan kelemahan pribadi lawan sebagai senjata untuk melawan argumentasinya. Sebab, ini hanya akan menunjukkan seberapa dangkal pengetahuan anda. Lawan argumentasi hanya dengan data/fakta saja, sedikit langkah diplomasi mungkin bisa membantu. Tapi ingat, jangan sekali-kali menggunakan kepribadian lawan debat sebagai senjata sekalipun ia adalah orang yang anda benci. Budayakan sikap debat ilmiah, bukan debat kusir.
  • Secara umum, sebagian besar pengguna Internet tidak memiliki banyak waktu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum mengenai Internet dan bagaimana cara kerjanya. Jadi, jangan mengirim banyak email yang hanya meminta informasi umum kepada orang yang namanya menjadi kontak person dalam sebuah artikel.
  • Dilarang menghina Agama. Ada beberapa forum dalam Situs ini yang memungkinkan terjadinya debat antar agama, atau debat antara Kristiani sendiri yang berlainan denominasinya. Untuk itu diharapkan agar masing-masing netter tidak menghina nama Tuhan, nama nabi, Kitab Suci, Denominasi dst. untuk membenarkan keyakinannya sendiri.
  • Gunakan symbol untuk menekankan pada sesuatu hal, misalnya: Jadi, *hal inilah* yang saya maksud. Dan gantilah garis bawah dengan underscore, misalnya tulisan: _Aku dan buku_ adalah sesuatu yang tidak dipisahkan.
  • Gunakan smiley untuk menunjukkan intonasi suara. Tapi ingat, gunakanlah dengan baik.🙂 adalah salah satu contoh smiley. Janganlah menganggap bahwa memasukkan smiley akan membuat penerima email Anda menjadi happy (senang) dengan apa yang Anda tulis, karena bisa jadi hal itu menunjukkan suatu hinaan.
  • Bijaklah Ketika Hendak Meng-copy Sebuah Situs Walaupun sangat mudah untuk mengintip source code sebuah situs, tapi secara etika setidaknya anda komunikasikan terlebih dahulu dengan web master yang bersangkutan. Malah, hal ini justru bisa memberikan keuntungan lebih. Ketika sang web master menyambut baik ‘permohonan ijin’ anda untuk mempelajari source code-nya dan ada hal yang tidak anda pahami, menjadi sangat mudah untuk bertanya kepadanya. Penggunaan Offline Browser Tools, seperti HTTRACK atau Teleport juga harus memperhatikan beberapa hal, seperti:
  1. Apakah ada ketentuan Copyright?
  2. Apakah pemilik mengijinkan anda menyalinnya untuk penggunaan pribadi? Jangan mengkomersilkan!
  3. Jangan sampai membebani bandwith server, baik bandwith situs atau bandwith jaringan anda. Lebih-lebih jika anda mengunduh dari tempat umum seperti warnet, maka sebaiknya jangan mengunduh pada waktu-waktu sibuk. Pembebanan bandwith secara berlebihan akan membuat situs down dan mengganggu akses pengguna lain dalam jaringan yang sama dengan anda.
  4. Jangan mencuri data yang bersifat pribadi seperti e-mail atau data rahasia perusahaan yang memang tidak diperuntukkan kepada khalayak.

Berikut netiket atau etika dalam percakapan di internet atau chating :
Percakapan di internet menggunakan fasilitas chating ini merupakan tempat yang sering terjadi perelisihan karena kita langsung bisa interaksi dengan berbagai orang sekaligus walau kita belum kenal secara visual dan bisa berasal dari mana saja di bumi ini. Dengan itu tatanan bahasa dan peulisan yang kita gunakan harus sesuai dengan aturan yang ada.

  1. Gunakan tulisan yang ukuran hurufnya sesuai aturan kalimat dan tanda baca yang tepat, seperti halnya Anda menulis surat atau email.
  2. Jangan menganggap bahwa ukuran monitor (layer komputer) Anda sama dengan ukuran monitor (layer komputer) orang lain. Sebaiknya tulislah tidak lebih dari 70 karakter sekali tulis, dan jangan lebih dari 12 baris  (kecuali jika menggunakan split screen).
  3. Ucapkan salam penutup dan tunggulah tanggapan dari orang lain sebelum Anda mengakhiri sessi pembicaraan. Hal ini sangat penting, terutama jika Anda berkomunikasi dengan seseorang yang jauh jaraknya dari Anda.
  4. Ingatlah bahwa percakapan di dunia internet adalah sebuah interupsi (pemutus) pembicaraan orang lain. Gunakanlah fasilitas ini dengan tepat, dan  jangan pernah berbicara dengan orang asing.
  5. Ada banyak alasan mengapa orang lain tidak menanggapi percakapan kita.  Jangan menganggap bahwa segala sesuatu (terutama soal teknis) dapat bekerja dengan baik.
  6. Jika benar-benar ada hal penting untuk dibicarakan, maka panggil lagi lawan bicara Anda satu atau dua kali saja. Setelah itu, tutuplah sessi pembicaraan Anda.
  7. Model percakapan di internet ini menunjukkan kemampuan mengetik Anda. Anda mungkin mengetik dengan lambat dan membuat banyak kesalahan, namun tidaklah perlu membetulkan kesalahan itu, asalkan orang lain bisa memahami apa yang Anda maksud.
  8. Berhati-hatilah jika Anda memiliki dua session pembicaraan sekali waktu !

Manfaat dan Dampak Buruk Chatting
Ada beberapa manfaat chatting yang kita peroleh :

  1. Sarana komunikasi yang murah dan mudah
  2. Konsultasi dengan dokter.Beberapa website menyediakan jasa konsultasi kesehatan dengan dokter yang dapat kita pergunakan.
  3. Berhubungan dengan para pakar.Beberapa website menyediakan jasa konsultasi dengan pakar,maka kita dapat berkomunikasi melalui chatting dengan pakar yang kita cari.
  4. Mendapatkan teman baru. Kita dapat mencari teman dari negara yang berbeda dan saling bertukar informasi dengan mereka.
  5. Sarana belajar dan diskusi. Website belajar jarak jauh umumnya menyediakan fasilitas chatting untuk belajar dan berdiskusi dengan dosen maupun teman sekelas.

Chatting juga dapat menimbulkan dampak negatif seperti :

  1. Mengobrol yang tidak senonoh
  2. Terkena virus. Agar tidak terkena virus saat chatting,kita harus berhati-hati menerima kiriman file dari orang lain atau teman chatting kita.File-file yang berisi virus adalah file-file yang berekstensi .PIF,.COM,.BAT,.VBS,.INI,.EXE
  3. Rematik dan otot pegal
  4. Maniak chatting
  5. Berhubungan dengan orang yang tidak jelas

Berikut netiket atau etika untuk administrator
Pastikan bahwa Anda telah menegakkan aturan yang ada (tertulis, red) agar mampu menghadapi segala situasi, terutama yang illegal, tidak pantas, atau hal lain.

  1. Tanganilah request (permintaan) seefektif mungkin.
  2. Berikan tanggapan secepatnya kepada siapapun yang menerima email yang tidak pantas atau illegal. Keluhan soal surat berantai juga harus diperhatikan.
  3. Jelaskan peraturan system, misalnya kuota disk kepada pengguna Anda. Pastikan mereka memahami dampak negatif dari file yang diminta via email: hardisk yang cepat penuh, tagihan telepon yang membengkak, email yang tertunda, dan lain sebagainya.
  4. Pastikan bahwa Anda memiliki alamat alias berupa Postmaster dan Root, dan pastikan orang tersebut membaca email itu.
  5. Periksalah keluhan mengenai pengguna dengan pikiran terbuka, karena bisa terjadi banyak kemungkinan di sana.

Netiket dalam komunikasi One-to-Many (ke banyak orang atau mailing list)
Setiap kali berkomunikasi semacam One-to-Many, maka semua aturan untuk email juga harus diterapkan. Karena berkomunikasi dengan banyak orang melalui satu kiriman email tidak berbeda caranya dari berkomunikasi dengan satu orang saja, kecuali harus diperhatikan bahwa dengan ini, makin banyak kepentingan orang lain yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, cukup bagi Anda untuk mengetahui mengenai siapa saja yang membaca email Anda. Secara umum netiket atau etika berinternet dalam semua sarana yang kita gunakan tidak jauh berbeda dengan aturan netiket yang lain.

REFERENSI
SarapanPagi Biblika, Netiket Etika Berinternet dan Etika Berdiskusi, http://www.sarapanpagi.org/netiket-etika-ber-internet-dan-etika-berdiskusi-vt721.html, 27 April 2011.

Apadong forum, Netiket, http://apadong.net/index.php?topic=3.0, 27 April 2011.

IndonesiaIndonesia, Panduan Netiket, http://www.indonesiaindonesia.com/f/7437-panduan-netiket/, 27 April 2011.

Silaban, Netiket keanggotaan mailing list Silaban Brotherhood, http://www.silaban.net/milis-silaban/netiket-milis/, 27 April 2011.

Posted on March 19, 2013, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Bermanfaat sob, artikelnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: